Visitor Blog vs Pageviews Blog

View previous topic View next topic Go down

Visitor Blog vs Pageviews Blog

Post by Admin on Sun Aug 16, 2015 9:25 pm

Blog Info pada artikel ini akan sedikit membahas tentang Pageviews Blog vs Visitor Blog, dua hal yang menurut Blog Info sangat penting bagi keberadaan atau eksistensi sebuah blog, baik di mata pengunjung maupun di mata search engine terutama Google search engine yang hingga saat ini masih menjadi primadona di mata para blogger dunia (khususnya di Indonesia).

Dua hal tersebut (baik Pageviews Blog maupun Visitor Blog) secara sepintas seperti merupakan dua faktor yang sama dalam rangka mempertajam eksistensi sebuah blog, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasar di antara keduanya. Visitor blog bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti pengunjung blog, yang dalam hal ini berarti pula seseorang yang datang melihat atau mengunjungi sebuah halaman blog (home page maupun konten blog). Sedangkan pageview blog adalah merupakan jumlah halaman yang dikunjungi oleh para visitor blog.

Semakin banyak jumlah halaman yang dibuka oleh para visitor blog, berarti situs atau blog tersebut memiliki konten-konten yang cukup berkualitas. Namun sebaliknya, semakin banyak visitor blog berarti situs atau blog tersebut dapat dikategorikan sebagai cukup populer, namun tingkat popularitas ini sama-sekali tidak menjamin tingginya kualitas konten yang disediakan. Karena tingkat popularitas situs atau blog ini bergantung pada bagaimana pola-pola promosi blog yang diterapkan dan sama sekali bukan tergantung kepada kualitas konten-konten blog.

Visitor blog dapat datang dari berbagai macam sumber, misalnya: search engine, media direktori, social bookmark, dari blog atau web lain atau dari bookmark browser yang dibuat oleh pengunjung sendiri. Sedangkan pageviews mengacu pada jumlah halaman yang dibaca atau dilihat oleh pengunjung atau visitor blog. Perpaduan keduanyalah yang kemudian kita kenal dengan istilah traffic, yaitu perpaduan antara arus dan jumlah pengunjung serta jumlah halaman yang ditampilkan atau diakses.

Jumlah visitor yang banyak belum tentu pageview-nya banyak. Lho kok gitu? Iya benar, misal saja suatu blog memiliki visitor blog berjumlah 100 orang, masing-masing hanya membaca 1 halaman, berarti pageview-nya hanya 100, sedangkan di blog lain, jumlah visitornya 75, masing-masing melihat 3 halaman, berarti pageviewnya ? Ya benar, 225. Bayangkan saja jika yang datang 100 lalu masing-masing membaca 5 halaman ? Berarti ? Bisa sobat jawab sendiri.

Nah berarti jumlah visitor yang banyak tidak menjamin jumlah pageview akan lebih banyak. Sebaliknya jumlah visitor yang lebih sedikit pun belum tentu pageviewnya lebih sedikit dari yang dibandingkan sebelumnya. Mana yang lebih baik ? Wah jika muncul pertanyaan tentang ini, jawabannya pastilah : Visitor banyak dan pageview yang berkali lipat ! Pastinya kan. Akan tetapi alangkah baiknya kita fokus terlebih dulu pada jumlah Pageviews Blog.

Keuntungan meningkatkan Pageviews Blog.

Dengan mempertinggi jumlah Pageviews Blog, maka secara tidak langsung kita juga telah berupaya meningkatkan kualitas konten-konten blog dengan sesuatu yang original dan berkualitas di mata pengunjung blog (Visitor Blog). Meningkatkan Pageviews Blog, berarti kita juga akan selalu berusaha untuk memperbanyak konten-konten blog yang bermanfaat bagi pengunjung blog, dan secara otomatis kita (selaku blogger atau admin blog) akan selalu berusaha untuk menampilkan sesuatu yang baru di mata pengunjung blog, sehingga mereka akan dengan senang hati mengakses "sesuatu" yang baru tersebut.

Dengan semakin banyaknya halaman-halaman blog yang dibuka atau diakses oleh seorang pengunjung blog, maka hal ini tentu saja akan membawa pengaruh yang positif di mata search engine.

Beberapa hal yang dapat menaikkan Pageviews Blog.

Hal-hal berikut ini akan secara otomatis mampu menaikkan pageviews blog, diantaranya  :

1. SEO
Search engine optimization (SEO) merupakan upaya mengoptimasi blog untuk menjaring pengunjung dari berbagai mesin pencari. Semakin bagus posisi blog atau postingan di mata mesin pencari (misal di halaman pertama SERP Google), maka semakin besar pula peluang mendapatkan sejumlah pengunjung.

2. Kirim postingan ke berbagai situs sosial bookmarking
Anda bisa membagikan (share) postingan Anda ke beberapa situs social bookmarking. Untuk blog bahasa Indonesia, Anda bisa menggunakan Lintas Berita dan InfoGue. Jika postingan Anda ada yang menjadi artikel hot, maka jumlah pengunjung dari situs ini sangat besar yaitu mencapai ribuan orang per hari.

3. Aktif di berbagai forum diskusi
Forum diskusi merupakan salah satu sarana yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan postingan blog anda. Biasanya Anda dapat membuat thread atau link ke postingan Anda. Bila postingan Anda menjadi ngetop, jumlah pengunjung yang didapatkan tidak jauh beda dengan jumlah pengunjung dari situs sosial bookmarking.

4. Desain tampilan blog agar loadingnya tidak bermasalah
Apapun hosting dan theme/template yang Anda gunakan, desainlah blog Anda sedemikian rupa agar loading time-nya cepat. Dengan demikian, pengunjung tidak terganggu saat membuka postingan-postingan blog Anda.

5. Buat Judul artikel blog yang menarik
Bila Anda mengunjungi sebuah blog, mungkin saja Anda mengklik beberapa postingan yang ada di blog tersebut. Mengapa ? Hal ini karena Anda tertarik ingin mengetahui lebih jauh isi dari postingan tersebut. Oleh karena itu, buatlah judul artikel yang menarik.

6. Buat sesi postingan terkait
Tidak semua postingan harus disisipi link-link internal. Agar pengunjung mengetahui postingan-postingan yang relevan dengan postingan yang tidak ada link internalnya, maka buatlah sesi postingan terkait. Bila Anda menggunakan wordpress.org, postingan terkait dibuat dengan menggunakan plugin.

7. Buat internal link dalam postingan
Buat internal link ke postingan Anda yang lainnya jika postingan yang Anda buat ada hubungannya. Jumlah link internal pun harus proporsional agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca. Jangan lupa, berilah warna link sejelas mungkin agar mudah diidentifikasi oleh pengunjung.

8. Menjadi blogger tamu
Dengan menjadi blogger tamu di sebuah blog yang ternama, Anda berkesempatan untuk membuat link yang menuju ke postingan atau homepage blog Anda. Dengan demikian, peluang mendapatkan banyak pengunjung akan semakin besar.

Demikianlah uraian Blog Info tentang Pageviews Blog vs Visitor Blog, semoga bermanfaat.

Artikel aslinya :
Pageviews Blog vs Visitor Blog
avatar
Admin
Admin

Posts : 27
Join date : 2015-03-17
Age : 44
Location : Kediri, Jawa Timur

View user profile http://mojoblog67.blogspot.com

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum